Ini Penyebab Belanja Online Makin Tren. Lebih Aman!
Salah satu perusahaan pembayaran digital, Visa baru-baru ini melakukan survei konsumen terkait preferensi belanja konsumen di Indonesia. Menurut survei, satu dari dua konsumen Indonesia menganggap bahwa belanja online lebih aman dan murah dibandingkan dengan berbelanja di toko. Tren ini diperkuat oleh popularitas e-Commerce yang tumbuh pesat.
Berdasarkan studi tersebut, e-Commerce menawarkan banyak fitur luar biasa yang memungkinkan konsumen berbelanja dengan nyaman dari rumah, yang beranjak penting seiring diterapkannya kebijakan pembatasan aktivitas sosial di tengah pandemi.
Lima fitur e-commerce paling populer yang diminati konsumen adalah pengiriman gratis sebanyak 69%, voucher diskon sebanyak 64%, kemudahan pembayaran sebanyak 55%, respon cepat dari penjual sebanyak 53% dan kemampuan untuk melihat ulasan dari pelanggan lain sebanyak 50%.
(Baca juga: Kartu Kredit Online Terbaik Untuk Belanja)
Barang Lokal Jadi Buruan
Presiden Direktur Visa Indonesia, Riko Abdurrahman mengatakan pandemi yang terjadi saat ini mengharuskan konsumen untuk berbelanja dengan cara yang berbeda dan memprioritaskan belanja online yang belum pernah terjadi sebelumnya.
“Studi kami menunjukkan bahwa banyak konsumen telah menganggap e-commerce sebagai surga dalam memenuhi kebutuhan esensial dan bahkan tersier mereka. E-commerce juga memungkinkan belanja minim kontak fisik dan transaksi yang lebih aman, yang telah menjadi perhatian utama pembeli di tengah masa sulit ini,” jelasnya dalam keterangan resmi di Jakarta.
Studi ini juga mengungkapkan kesadaran yang lebih besar terhadap produk lokal di mana pertimbangan harga dan manfaat menjadi perhatian utama konsumen.
Lebih dari separuh konsumen Indonesia menganggap produk lokal lebih atraktif dari segi harga (68%), memiliki kualitas yang diinginkan (63%), dan menawarkan beragam diskon (62%).
Tiga kategori produk lokal teratas yang paling dicari dan dibeli secara online selama enam bulan terakhir adalah makanan & minuman (45%), fesyen & aksesori (44%), dan perawatan kulit & kosmetik (35%).
Riko menambahkan, dalam masa serba tidak pasti seperti saat ini, konsumen terdorong untuk mencari alternatif yang lebih terjangkau, termasuk membeli lebih banyak produk lokal dengan kualitas yang sebanding.
Hasilnya, banyak Usaha Kecil & Mikro (UKM) yang cepat beralih ke e-commerce mendapat keuntungan dari tren ini.
“Visa secara aktif bermitra dengan pelaku e-commerce terkemuka di Indonesia untuk mendukung UKM di platform digital mereka agar berkembang di bawah naungan kampanye Visa Dukung UMKM,” pungkasnya.
(Baca juga: Yuk Belanja Hemat dengan Kartu Kredit SCB, Ada Cashback 3%!)
Belanja online lebih hemat dengan kartu kredit
Kamu yang suka melakukan belanja online untuk memenuhi kebutuhan, ada trik yang bisa dilakukan untuk menghemat biaya belanja kamu. Yakni dengan cara menggunakan kartu kredit sebagai alat transaksinya.
Sebelum mengajukan kepemilikan kartu kredit, kamu bisa melihat benefit yang ditawarkan. Cari yang memiliki fitur cashback saat berbelanja atau potongan harga untuk merchant tertentu. Dengan begitu, kamu bisa menghemat dana belanja setiap bulannya.
Selain itu, dalam kartu kredit juga terdapat fasilitas berupa ubah transaksi menjadi cicilan 0%. Hanya saja tidak semua kartu kredit menyediakan fitur ini, jadi pastikan bahwa kartu kredit milikmu memiliki fitur tersebut dan gali juga informasinya untuk merchant yang mana transaksi bisa diubah menjadi cicilan.
Kamu yang membutuhkan kartu kredit, bisa melihat dan membandingkan masing-masing fitur kartu kredit lewat Finpedia.id. Kamu juga bisa langsung mengajukan kartu kredit yang sudah menjadi pilihanmu.
Jadi kamu terhindar dari keluar masuk kantor cabang untuk melihat detail informasi dan persyaratan dokumen yang dibutuhkan. Semuanya tersaji di Finpedia, kamu hanya perlu mengaksesnya lewat ponsel pintar ataupun laptop kesayangan kamu.